Picture
Orang tua mana yang tidak ingin anaknya sehat, bertumbuh dan berkembang. Pasti semua orang tua menginginkannya bukan? Biasanya pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak bisa dilihat dari tinggi badan anak dibanding dengan teman sebayanya.

Ada 2 cara utama untuk mengoptimalkan tinggi badan anak yaitu dengan memenuhi asupan nutrisi dan gizi seperti mengkonsumsi suplemen peninggi badan, serta aktifitas fisik yang cukup, yang dalam hal ini adalah olahraga yang bisa membuat tumbuh tinggi.

Dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM) dr. Rini Sekartini menjelaskan bahwa jika kedua cara itu dipenuhi dengan baik maka kemungkinan besar tinggi badan akan optimal. Namun sebenarnya pertumbuhan tinggi badan anak merupakan hal yang cukup kompleks yang dipengaruhi oleh banyak faktor bukan hanya dari 2 cara utama diatas saja.

Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak 

Yang paling utama sebenarnya tinggi badan anak dipengaruhi oleh faktor keturunan dari orang tuanya. Dan karena dipengaruhi oleh faktor keturunan, Anda bisa mengira kira-kira untuk tinggi badan Anak Anda sudah optimal belum. Dan ini ada rumusnya yang sederhana.

Untuk anak perempuan, rumus prediksinya adalah tinggi badan Ayah dikurangi 13 cm lalu ditambah tinggi ibu. Jumlahnya kemudian dibagi angka 2. Hasil pembagian itu lalu dikurangi atau ditambah 8,5 cm untuk mendapatkan ukuran batas bawah dan batas atas.

Sedangkan untuk anak laki-laki, rumusnya adalah tinggi badan ibu ditambah 13 cm lalu ditambah tinggi ayah. Hasilnya kemudian dibagi dua. Nilainya kemudian ditambah atau di kurangi 8,5 cm untuk memperoleh batas atas dan batas bawah.

Selain itu penyebab lain tinggi badan anak tidak optimal adalah faktor dari kurangnya hormon pertumbuhan yang berakibat anak tidak tumbuh tinggi. Gangguan pertumbuhan ini bisa dilihat setelah berusia 6 bulan, namun baru disadari orang tua penderita setelah usia menginjak 3 tahun setelah terlihat perbedaan tinggi yang mencolok dengan teman sebanyanya.

Hal ini bisa dioabti dengan cara menyuntikkan penambah hormon pertumbuhan. Semakin cepat anak disuntik hormon pertumbuhan maka kesempatan tumbuh tinggi optimal sangat besar.





Leave a Reply.

    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    No Archives

    Categories

    All